Sabtu, 12 November 2011

STEP BY STEP: CATERPILLAR BREAD



Banyak teman-teman yang tanya bagaimana caranya membentuk si caterpillar bread yang saya buat untuk PR LB#10 kemarin. Dinamakan caterpillar bread mungkin karena bentuknya mirip ulat bulu, what??? Ulat bulu??!! >__< Heheheee, tenang aja, rasanya gak seburuk namanya kok :D Tapi apa iya ya mirip ulat bulu? Aaahhh whatever lah ya, apalah arti sebuah nama, qiqiqiiiii.... Penampakannya mirip seperti mini pizza, dengan topping sosis, saus tomat dan keju mozarella. Resepnya ada disini.

Ini dia step by stepnya...

1. Setelah adonan diproofing pertama hingga mengembang 2x lipat volumenya. Kemudian dikempeskan. Uleni lagi sebentar. Kemudian bagi adonan menjadi masing-masing sekitar 60-70 gram. Agar sama sebaiknya ditimbang. Diamkan 10 menit.
Tips: Pada saat membagi adonan, sebaiknya gunakan pisau untuk memotong adonan dan membaginya.



2. Gilas adonan memanjang dengan menggunakan rolling pin hingga ketebalan 1/2 cm.



3. Letakkan satu buah sosis di atas adonan yang telah digilas tadi.



4. Lipat adonan menutupi sosis. Tekan-tekan pinggirannya agar tersambung dan menempel satu sama lain.



5. Kerat-kerat adonan yang berisi sosis menggunakan pisau menjadi beberapa keratan (kurang lebih 1 cm tiap keratan) jangan terputus.



6. Kemudian posisikan keratan-keratan tadi ke samping kanan dan kiri berselang-seling. Seperti pada gambar.



7. Lakukan hingga ke ujung keratan. Dan lakukan sampai semua adonan selesai. Satu resep dapat sekitar 16-17 pcs roti.



8. Letakkan di loyang yang sudah dipoles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain karena roti akan mengembang. Tutup dengan plastik/plastik wrap. Diamkan 30-45 menit untuk proses proofing kedua.



9. Poles dengan egg wash (kuning telur dicampur susu cair) atau bisa juga menggunakan susu evaporated. Beri saus tomat, keju mozarella parut, irisan daun bawang dan oregano kering bubuk.



10. Panggang dalam oven panas 190-200'C selama 15-20 menit hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Panas-panas poles permukaannya dengan butter.



Selamat mencoba ^___^